Wakil Ketua MPR Dukung Sikap RI untuk Kemerdekaan Rakyat Palestina

Wakil Ketua MPR Dukung Sikap RI untuk Kemerdekaan Rakyat Palestina
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. Foto: Humas MPR.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan menyampaikan dukungan kepada Pemerintah RI khususnya Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang memberikan respons terhadap persoalan yang terjadi di Palestina.

Menurutnya, respons Menlu Retno dalam pertemuan Majelis Umum PBB, Kamis (20/5) telah menunjukkan peran besar Indonesia dalam penyelesaian masalah di Palestina.

Politikus senior Partai Demokrat itu menyebut aksi-aksi kekerasan yang dilakukan oleh militer Israel terhadap rakyat Palestina telah membuka mata dunia.

“Militer Israel telah melakukan aksi-aksi kekerasan yang membuat banyak korban jiwa, kerusakan fasilitas umum, serta bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia,” ungkap Syarief Hasan dalam keterangan resminya, Sabtu (21/5).

Dia menilai pernyataan Menlu Retno di hadapan masyarakat dunia di Markas Besar PBB di New York adalah bentuk dukungan resmi Indonesia kepada rakyat Palestina.

“Menlu RI telah menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang berada di garis terdepan untuk memastikan kemerdekaan bagi rakyat Palestina dan menentang kekerasan Israel,” kata anggota Komisi I DPR yang membidang luar negeri itu.

Syarief menyebut langkah Menlu RI telah sesuai dengan amanat Pembukaan UUD NRI 1945.

Menurutnya, Pembukaan UUD NRI 1945 telah menyebutkan bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Wakil Ketua MPR Syarief Hasan memuji sikap Pemerintah RI melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang menyatakan berada di garis terdepan dalam memperjuangkan kemerdekaan rakyat Palestina.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News