Wakil Ketua MPR Hidayat: Saya Melawan Hoaks Secara Konstitusional

Wakil Ketua MPR Hidayat: Saya Melawan Hoaks Secara Konstitusional
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (kiri) saat konferensi pers di Media Center, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/2). Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) menerima permohonan maaf dari ‘tribunnews.com’. Hal tersebut disampaikan Hidayat saat mengadakan konferensi pers di Media Center, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/2).

Sebagaimana diketahui, pada 28 Januari 2019, media itu menulis berita dengan judul “Jan Ethes Disindir Soal Kampanye Jokowi & Dilaporkan Ke Bawaslu, Gus Nadir Tanya Sosok Cucu Prabowo”.

Pemberitaan yang ada diakui oleh HNW melukai perasaan sebab itu dianggap sebagai hoaks atau sesuatu yang tidak berdasarkan pada fakta dan data.

Terkait judul yang ditulis, HNW mengatakan dirinya tercederai. “Pemelintiran judul yang menyebut seolah saya akan melaporkan Jan Ethes ke Bawaslu,” ujarnya.

Hidayat menegaskan dirinya tidak pernah melakukan apa yang seperti dituduhkan itu. “Akibat judul itu terjadi pem-bully-an kepada saya bahkan melibatkan para petinggí,” ungkapnya.

Dikatakan, judul yang dibuat menunjukkan ketidakprofesional media yang menulis. Akibat dari berita itu, disebut oleh HNW dampak yang terjadi sangat meluas.

Sebagai orang yang taat hukum, HNW pada 2 Februari 2019, ia meminta klarifikasi dan permohonan maaf pada media itu dalam waktu 2 x 24 jam. Namun permintaan klarifikasi dan permohonan maaf yang ditunggu tidak ada atau tidak ditanggapi.

Untuk itu, pada 6 Februari 2019 mengadukan masalah yang ada kepada Dewan Pers. Dirinya mengatakan sebagai negara hukum membuat dirinya menuntut dengan cara-cara yang diatur hukum. Dirinya melaporkan ke Dewan Pers sebab sebelumnya media itu tidak merespon keberatannya.

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menerima permohonan maaf dari salah satu media online. Namun, Hidayat menegaskan agar kejadian seperti itu tak terulang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News