Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid Minta PTIQ Kaji Empat Pilar dari Perspektif Alquran

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid Minta PTIQ Kaji Empat Pilar dari Perspektif Alquran
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SWA sekaligus Haflah Kebangsaan dan Sosialisasi Empat Pilar MPR di Ma’had Institut PTIQ Jakarta, Kamis malam (28/11/2019). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengatakan Empat Pilar MPR (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) perlu dikaji dari perspektif Alquran. Untuk itu, Jazilul mengusulkan dan menggagas sebuah buku dengan tema “Empat Pilar MPR dalam Perspektif Alquran” yang ditulis para sarjana alumni Institut PTIQ (Perguruan Tinggi Ilmu Alquran).

Buku ini merupakan kajian yang dilakukan sarjana-sarjana ilmu Alquran yang menjadi kontribusi Ikatan Alumni PTIQ (IKAPTIQ) kepada bangsa dan negara ini.

“Karena saya juga berasal dari alumni PTIQ, saya berharap IKAPTIQ bisa membuat suatu karya semacam buku Empat Pilar dalam perspektif Alquran. Nanti bersama saya dan atas izin Rektor PTIQ kita membuat sebuah kajian dalam rangka mengisi kekosongan apalagi pada saat ini kita dihadapkan pada perang ideologi,” kata Jazilul Fawaid dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SWA sekaligus Haflah Kebangsaan dan Sosialisasi Empat Pilar MPR di Ma’had Institut PTIQ Jakarta, Kamis malam (28/11/2019).

Kegiatan yang diadakan IKAPTIQ bekerja sama dengan MPR RI ini dihadiri Rektor PTIQ Prof Dr Nasaruddin Umar, para mahasiswa dan alumni PTIQ.

Menurut Jazilul, kajian Empat Pilar dari perspektif Alquran cukup penting untuk mengisi kekosongan wacana tentang kebangsaan.

“Saya pikir kajian ini penting untuk bangsa ini. Bagi sarjana-sarjana Ilmu Alquran, kajian ini menjadi kontribusi untuk mengisi kekosongan wacana tentang pilar-pilar kebangsaan. Para calon sarjana maupun sarjana Ilmu Alquran bisa terlibat dalam kajian Empat Pilar dari perspektif Alquran ini,” ujar politisi PKB ini.

“Nanti tim kajian atau penulis buku bisa dipimpin senior IKAPTIQ. Kemudian kita buat karya itu dan kita launching sebagai satu kontribusi IKAPTIQ kepada bangsa ini. Bersama kami, para alumni PTIQ duduk bersama menggagas kajian agar Empat Pilar ini selaras dengan apa yang ada dalam Alquran,” sambungnya.

Jazilul menambahkan salah satu tugas MPR sebagaimana amanah UU MD3 adalah menyerap aspirasi dan menjaga Empat Pilar kebangsaan.

Hasil kajian yang dilakukan sarjana-sarjana ilmu Alquran ditulis dalam bentuk buku sebagai kontribusi Ikatan Alumni PTIQ (IKAPTIQ) kepada bangsa dan negara ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News