Wakil Ketua MPR Minta Pemerintah Tetap Disiplin Terapkan PSBB

Wakil Ketua MPR Minta Pemerintah Tetap Disiplin Terapkan PSBB
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta Pemerintah Provinsi dan masyarakat DKI Jakarta tetap disiplin menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). 

Karena ancaman masa berlangsungnya wabah Covid-19 di Tanah Air masih terbuka bila terus terjadi penularan.

“Saat ini lalu lintas di sejumlah ruas jalan DKI Jakarta sudah mulai ramai. Padahal, kebijakan PSBB saat ini masih berlaku. Sebagai wilayah yang menjadi epicentrum penyebaran virus corona di Tanah Air kondisi ini sangat memprihatinkan,” ungkap Lestari yang akrab disapa Rerie dalam keterangannya, Rabu (6/5).

Menurut Rerie, sikap selalu waspada dalam menghadapi wabah Covid-19 di Indonesia saat ini sangat diperlukan. Karena, tambahnya, belum ada data yang cukup konsisten untuk menunjukkan kondisi saat ini lebih baik.

"Beberapa hari lalu memang ada tren menurunnya jumlah penambahan pasien positif Covid-19 di DKI Jakarta. Namun berdasarkan Data Dinas Kesehatan Pemda DKI pada Selasa (5/5) jumlah  pertambahan orang positif Covid-19 melonjak kembali sebanyak 169 kasus, walau pada Rabu (6/5) turun kembali dengan jumlah kasus positif baru ada 68. Ini menunjukkan kita tidak bisa abai. Bila kita lengah sedikit saja bukan tidak mungkin bisa melonjak ke puncak lagi," tegas Rerie.

Menurut Legislator Partai NasDem, tren penurunan jumlah positif Covid-19 beberapa waktu lalu seharusnya dijaga dengan disiplin penerapan PSBB yang ketat, bukan dengan melonggarkan aturan atau menerbitkan pengecualian untuk kelompok masyarakat tertentu.

Pada kesempatan itu, Rerie juga mempertanyakan prosedur dan teknis pengamanan, bila pemerintah akan membuka kembali layanan transportasi antardaerah untuk orang berkebutuhan khusus.

Dia meminta, pemerintah konsisten dalam menerapkan kebijakan dalam menghadapi wabah Covid-19 ini.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta Pemerintah Provinsi dan masyarakat DKI Jakarta tetap disiplin menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News