Wakil Ketua MPR RI Minta Pemerintah Tingkatkan Pemeriksaan Test Covid-19

Wakil Ketua MPR RI Minta Pemerintah Tingkatkan Pemeriksaan Test Covid-19
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta pemerintah meningkatkan kecepatan dan ketepatan pemeriksaan dan pemrosesan sampel test Covid-19, agar penyebaran virus korona di Tanah Air bisa dikendalikan.

Selain itu, perlu pula transparansi data dan evaluasi penanganan Covid-19, menyusul terus meningkatnya penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

"Secara nasional hingga saat ini jumlah positif Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Di sisi lain pemerintah juga berupaya meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat. Dengan kondisi ini dibutuhkan peningkatan pengendalian penyebaran Covid-19," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/6).

Mengutip data  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 per 17 Juni 2020, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 41.431. Sedangkan kasus meninggal dunia mencapai 2.276 dan sembuh sebanyak 16.243.

Menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, data Universitas John Hopkins menyebutkan jumlah positif Covid-19 di Indonesia itu tertinggi di Asia Tenggara, melampaui Singapura yang sebelumnya di urutan teratas.

Kondisi serupa juga terjadi pada anak Indonesia. Data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebutkan tingkat kematian anak akibat virus ini di Tanah Air, merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya.

Berdasarkan data IDAI hingga 18 Mei lalu, jumlah anak yang positif Covid-19 di Indonesia mencapai 584 kasus. Jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 anak yang meninggal sejauh ini mencapai 14 anak. Adapun PDP anak yang meninggal sebanyak 129.

"Upaya evaluasi penanganan dan pengendalian penyebaran virus ini harus segera ditingkatkan, bila Indonesia tidak mau menghadapi ledakan jumlah positif Covid-19," tegasnya.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta pemerintah meningkatkan kecepatan dan ketepatan pemeriksaan dan pemrosesan sampel test Covid-19, agar penyebaran virus korona di Tanah Air bisa dikendalikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News