Wakil Ketua MPR Sarankan Pemerintah Ajukan APBN Perubahan Lagi

Wakil Ketua MPR Sarankan Pemerintah Ajukan APBN Perubahan Lagi
Wakil Ketua MPR Mahyudin. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua MPR Mahyudin menilai pemerintah berpotensi melanggar Undang-undang (UU) Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara bila memangkas anggaran tanpa melalui persetujuan DPR.

"Ya potensinya memang ada (melanggar). Mestinya anggaran itu kan melalui UU. Untuk mengubah UU itu harus lewat UU. Kalau ada pemotongan anggaran ya idealnya pemerintah mengajukan APBNP," kata Mahyudin di kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (6/9).

Politikus Golkar itu mengatakan, tidak bisa kebijakan sepihak dilakukan pemerintah dengan menerbitkan instruksi presiden (Inpres). Karena itu harus dilakukan perubahan kedua terhadap APBN 2016.

"Nah, setahu saya pemerintah harus ajukan APBNP kedua. Apalagi itu angkanya signifikan," jelasnya.

Soal alokasi anggaran MPR yang tidak dipangkas sebagaimana Inpres Nomor 8 Tahun 2016 tentang Langkah-langkah Penghematan Belanja Kementerian Lembaga, pihaknya meluruskan yang tidak dipotong hanya dana sosialisasi empat pilar.

"Kita sudah ketemu menkeu, pimpinan MPR dan pimpinan fraksi menyampaikan, Ibu Sri Mulyani setuju untuk anggaran sosialisasi tidak dipotong. Kami setuju pemotongan karena duitnya tidak ada. Tapi mungkin mekanismenya yang harus sesuai aturan," tambahnya.(fat/jpnn)


JAKARTA - Wakil Ketua MPR Mahyudin menilai pemerintah berpotensi melanggar Undang-undang (UU) Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara bila memangkas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News