Wakil Ketua MPR Serukan Pemilu 2024 Harus Jurdil, Penuh Ide, dan Inovasi Berkualitas

Wakil Ketua MPR Serukan Pemilu 2024 Harus Jurdil, Penuh Ide, dan Inovasi Berkualitas
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad saat berbicara Dialog MPR RI yang mengambil tema sentral 'Peran MPR RI Sebagai Rumah Kebangsaan Dalam Mengawal Pemilu Serentak 2024', Rabu (6/12). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad menyerukan agar rakyat Indonesia menyambut dengan semarak serta berpartisipasi aktif dalam perhelatan pesta demokrasi Indonesia lima tahunan Pemilu 2024.

Dia mengajak masyarakat menghindari golput, polarisasi politik yang berlebihan, sampai kepada konflik dikarenaakn perbedaan pilihan.

Fadel juga menyerukan kepada para peserta Pemilu, baik itu partai politik, para caleg, serta para capres dan cawapres agar ikut aktif dalam menjalankan dan mengawasi jalannya pesta demokrasi secara jujur dan adil (jurdil).

Dia mengingatkan polarisasi dan keberpihakan pasti terjadi dalam penyelenggaraan pemilu yang demokratis.

Menurut Fadel, satu yang harus diperhatikan bersama adalah bagaimana mengelola perbedaan itu yang pada akhirnya mengerucut pada satu kesepakatan bersama, yakni untuk kemajuan bangsa dan negara.

Untuk itulah, dia juga berharap dan mengajak agar dalam proses berjalannya tahapan-tahapan Pemilu hingga terpilihnya parpol pemenang pemilu, para anggota legislatif serta Presiden dan Wakil Presiden, tidak monoton.

"Harus muncul ide-ide, gagasan, pikiran serta inovasi baru yang segar dan berkualitas untuk membangun Indonesia lebih baik pasca-Pemilu," kata Fadel di Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Diungkapkan mantan Gubernur Provinsi Gorontalo dua periode ini, salah satu contoh gagasan yang bagus dan bisa dimunculkan adalah para kepala daerah harus menjadi kepanjangan tangan presiden dan satu visi dan misi dalam melakukan program-program pembangunan nasional.

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad menyerukan agar Pemilu 2024 harus jurdil, penuh ide, dan inovasi berkualitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News