Wakili Indonesia di SEA Games 2021, Rifda Irfanaluthfi: Ini Pemacu Semangat Menuju Olimpiade

Wakili Indonesia di SEA Games 2021, Rifda Irfanaluthfi: Ini Pemacu Semangat Menuju Olimpiade
Atlet Senam Artistik Rifda Irfanaluthfi. Foto: Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Rifda Irfanaluthfi salah satu atlet Senam Artistik yang mewanili Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam.

Dia mengaku senang setelah menjadi salah satu atlet yang direkomendasikan tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora pada ajang bergengsi tersebut.

Ridfa mengaku hal itu membuat dirinya merasa lebih dipercaya dan menjadi pemacu semangat untuk berpretasi menuju olimpiade.

“Saya merasa dipercaya dan itu menjadikan saya tanggung jawab lebih dibandingkan sebelumnya. Dan, menjadi semangat saya untuk bisa usaha lebih keras lagi untuk menuju olimpiade,” kata Rifda disela-sela Pelatnas saat ditinjau Menpora Amali di GOR Senam Radin Inten, Jakarta Timur, Selasa (26/4) petang.

Menurutnya, saat ini dirinya tengah fokus mempersiapkan diri menghadapi SEA Games 2021. Dia berharap bisa ikut mewakili Indonesia di Asian Games 2023 nanti dan lolos kulifikasi Olimpiade Paris 2024 mendatang. "Jadi sekarang fokus ke SEA Games dulu, setelah SEA Games baru fokus di Asian Games," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menjelaskan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan perubahan paradigma olahraga dimana SEA Games dan Asian Games menjadi sasaran antara menuju target utama yakni olimpiade.

Menurutnya, pada multi event sebelumnya yakni SEA Games dan Asian Games Indonesia bangga mengirim atlet dengan jumlah yang banyak, sementara tidak semuanya berprestasi.

Sehingga dengan adanya perubahan paradigma melalui panduan DBON dan UU Keolahragaan, maka atlet-atlet yang dikirim adalah atlet yang berpretasi dengan rekomendasi tim review berdasarkan data-data prestasi yang ditorehkan sebelumnya.

Rifda Irfanaluthfi salah satu atlet Senam Artistik yang mewanili Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News