Walah...883 Tahanan Hanya Dijaga Lima Sipir

Walah...883 Tahanan Hanya Dijaga Lima Sipir
Martin Hutabarat. Foto: dok.Indopos/JPNN

jpnn.com - MEDAN - Kaburnya 14 tahanan di Rutan Pancurbatu, Deliserdang, Sumut, Minggu (1/11) dipicu masalah klasik yakni kelebihan kapasitas, yang tidak sebanding dengan jumlah sipir. Tak tanggung-tanggung rasionya mencapai 400 persen.

Rutan yang idealnya dihuni 145 orang ternyata dipadati 883 tahanan dengan penjagaan lima sipir.

Jubir Kemenkumham wilayah Sumut, Josua Ginting mengakui Rutan dan Lapas di Sumut tergolong over kapasitas dan minim petugas. "Kami akui seluruh Rutan dan Lapas di Sumut itu kelebihan kapasitas. Rutan Pancur Batu ini juga termasuk yang minim segala hal," tukasnya.

Josua memaparkan kapasitas Rutan Pancurbatu sebanyak 145 tahanan, namun saat kejadian dihuni 883 tahanan. Artinya, Rutan mengalami kelebihan kapasitas hingga  400 persen dari jumlah idela hunian tahanan."Ya begitu lah (over kapasitas). Jumlah sipirnya pun hanya 5 orang," bebernya.

Ditanya soal pengejaran 14 tahanan yang kabur, Josua mengatakan, hingga kini belum ada perkembangan. Pihak kepolisian masih terus melakukan pengejaran dan penangkapan kembali. "Masih seperti kemarin lah," ujarnya.

Josua mengingatkan, Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham) Yassona Laoly pernah mengatakan adanya kesepakatan dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam program penanganan minimnya tenaga pengawas di Rutan dan Lapas.

"Kita sudah ada Memorandum of Understanding (MoU) dengan TNI, agar nanti anggota-anggota TNI yang akan pensiun direkrut menjadi PNS di sini," ujarnya.

Saat ini, kata dia, jumlah petugas di Rutan dan Lapas masih jauh dari memadai sehingga membutuhkan banyak tenaga yang baru. "Bagaimana mau aman kalau ribuan tahanan cuma diawasi segelintir petugas? Tapi sayangnya MoU itu sampai saat ini belum direalisasikan," katanya.

MEDAN - Kaburnya 14 tahanan di Rutan Pancurbatu, Deliserdang, Sumut, Minggu (1/11) dipicu masalah klasik yakni kelebihan kapasitas, yang tidak sebanding

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News