Walhi: Banyak Mesuji Lain di Indonesia

Walhi: Banyak Mesuji Lain di Indonesia
Walhi: Banyak Mesuji Lain di Indonesia
JAKARTA — Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menduga konflik pertanahan antara masyarakat dengan perusaan perkebunan seperti yang terjadi di Mesuji, Lampung dan Sumatera Selatan adalah contoh kecil dari kasus-kasus serupa yang banyak  terjadi di Indonesia. Kepala Departemen Advokasi dan Kampanye Walhi, Mukri Priatna menyebutkan, kasus seperti ini juga terjadi di beberapa daerah di Indonesia namun tidak terungkap.

‘’Sebetulnya kan persoalan antara masyarakat dengan  perusahan perkebunan itu hampir semua merata kasus nya di republik ini seperti itu, motif-motif soal inti plasma yang tidak benar hampir sama semua. Kebetulan saja kasusnya mencuat disana,’’ ujar Mukri kepada JPNN, di Jakarta, Selasa (20/12).

Menurutnya, salah satu hal yang menyebabkan banyaknya kasus sengketa antara masyarakat dengan perusahaan adalah karena buruknya pengelolaan perizinan Hak Guna lahan yang dikeluarkan pemerintah. Mukri menyebut, selama ini pemberian hak guna lahan itu cenderung menggunakan data di atas kertas tanpa mengkroscek ke lapangan bagaimana kondisi dan status lahan tersebut.

‘’Cek dulu ke lapangan mana koordinatnya, apakah benar, apakah masyarakat  sudah  melepaskan, apakah sudah ada pelepasan perjanjian setelah itu clear barulah keluar HGU,’’ ujarnya.

JAKARTA — Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menduga konflik pertanahan antara masyarakat dengan perusaan perkebunan seperti yang terjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News