Wali Kota Depok Klaim Tingkat Penyebaran Corona Mulai Menurun

Wali Kota Depok Klaim Tingkat Penyebaran Corona Mulai Menurun
Wali Kota Depok Mohammad Idris. ANTARA/Feru Lantara

jpnn.com, DEPOK - Pusat Informasi COVID-19 Kota Depok (PICODEP) menyebut angka reproduksi efektif (Rt) yang menunjukkan tingkat penyebaran virus corona penyebab COVID-19 telah menurun dari 1,39 menjadi 0,54.

"Alhamdulillah angka Rt ini terus mengalami penurunan selama 14 hari, yaitu mulai tanggal 25 Mei sebesar 1,39 atau >1 menjadi 0,54 atau <1 di 8 Juni 2020," kata Wali Kota Depok Mohammad Idris dalam siaran pers, Rabu (10/6).

Angka reproduksi efektif dihitung dari rata-rata jumlah kasus penularan sekunder yang berasal dari satu kasus primer dalam satu waktu dalam satu populasi. Dalam penyebaran COVID-19, angka ini menunjukkan jumlah rata-rata orang yang bisa ditulari virus corona oleh seorang yang terserang COVID-19.

Wali Kota Depok meminta warga tetap mewaspadai penularan COVID-19 dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan meski tingkat penyebaran penyakit tersebut sudah cenderung menurun.

"Penambahan dan penularan kasus masih dapat terjadi. Maka dari itu, kita harus konsisten menjalankan protokol kesehatan agar Rt Kota Depok terus menurun," katanya.

Guna menekan penyebaran COVID-19, ia mengatakan, pemerintah kota melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) proporsional hingga 2 Juli 2020.

"Meskipun beberapa aktivitas sosial dan ekonomi sudah ada yang dibuka, bukan berarti kita bebas dari protokol kesehatan," katanya.

"Kepada seluruh warga kami minta untuk menanamkan kesadaran diri dalam mematuhi protokol kesehatan serta menumbuhkan kepedulian dengan sesama dan membangun kebersamaan dalam melawan COVID-19 sehingga tidak terjadi lonjakan kasus di kemudian hari," ia menambahkan.

Pusat Informasi COVID-19 Kota Depok mengklaim angka reproduksi efektif yang menunjukkan tingkat penyebaran virus Corona telah menurun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News