Wali Kota Depok Tekankan 3 Aspek Penting Penganggulangan Bencana

Wali Kota Depok Tekankan 3 Aspek Penting Penganggulangan Bencana
Wali Kota Depok Mohammad Idris saat mengecek kesiapsiagaan bencana alam dalam  Apel Siaga Bencana di Lapangan Balai Kota, Senin (15/11). Foto : Dokumen Pemerintah Kota Depok

jpnn.com, DEPOK - Wali Kota Depok Mohammad Idris menyebut ada tiga aspek penting yang harus dipersiapkan dalam penanggulangan bencana alam.

"Aspek yang pertama yaitu pencegahan bencana, karena ini sebagai upaya untuk menghilangkan atau mengurangi ancaman bencana," ucap Idris saat Apel Siaga Bencana di Lapangan Balai Kota Depok, Senin (15/11).

Aspek kedua, mitigasi bencana. Upaya ini dilakukan untuk mengurangi risiko bencana melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan dalam menghadapi ancaman bencana.

Ketiga, kesiapsiagaan bencana dengan cara pengorganisasian melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna.

"Nantinya, mereka para aktor dan pelaku penanggulangan bencana adalah yang berkolaborasi pentahelix, yaitu pemerintah, masyarakat, akademisi, dunia usaha, media dan forum pengurangan risiko bencana," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Raden Gandara Budiana mengaku telah melakukan pemetaan titik rawan bencana di Kota Depok.

"Sebenarnya untuk banjir di Depok, itu sifatnya genangan yang hanya dua hingga tiga jam dan setelah itu surut," ucap Gandara.

Dia berharap masyarakat lebih waspada dengan cuaca saat ini, kenali wilayah masing-masing, melakukan gerakan gotong royong bersihkan lingkungan, serta mencari dan memberikan informasi jika terjadi bencana.

Wali Kota Depok Mohammad Idris sebut ada 3 aspek yang harus dilakukan dalam penanggulangan bencana alam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News