Wali Kota: Riau Butuh Bandara Baru Berkonsep Aerocity

Wali Kota: Riau Butuh Bandara Baru Berkonsep Aerocity
Wali Kota Pekanbaru Firdaus usai pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor, Senin (23/7). (Foto: Fathra/jpnn)

jpnn.com, BOGOR - Wali Kota Pekanbaru Firdaus menyodorkan usulan rencana pembangunan bandara baru di Provinsi Riau kepada Presiden Joko Widodo melalui Menteri Sekretaris Kabinet Pratikno, di sela-sela pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat pada Senin (23/7).

Kemarin, Firdaus bersama para wali kota se-Indonesia diundang Presiden Ketujuh RI ke Istana. Kesempatan itu mereka gunakan untuk menyampaikan persoalan di masing-masing kota, mulai infrastruktur, perizinan, PNS dan honorer hingga dana kelurahan.

Untuk Kota Pekanbaru, Firdaus menyerahkan sejumlah catatan kepada mensesneg, karena waktu pertemuan yang terbatas tidak mencukupi untuk menyampaikan langsung kepada Presiden Jokowi.

Catatan pertama yang dititipkan untuk presiden berkaitan dengan penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) tentang penetapan kawasan
Metropolitan Pekan Sekawan (Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan) yang sedang diproses oleh Gubernur Riau.

Kemudian soal bandara SSK II yang hanya mampu menampung 4 juta penumpang per tahun. Sementara secara faktual, volume dan kapasitasnya sudah hampir jenuh. Ditambah lagi dengan aktivitas sebagai pangkalan udara TNI AU Roesmin Nurjadin.

Dalam catatan tersebut, Firdaus memberi penekanan bahwa pemerintah perlu memerhatikan hasil kajian konsultan Angkasa Pura II tahun 2014 yang menyatakan bahwa diprediksi tahun 2025, akan ada kenaikan lalu lintas udara di Kota Pekanbaru sebesar 9,5 juta penumpang per tahun.

Sekalipun ada rencana AP II melakukan pengembangan tahap II di SSK II berupa perpanjangan run way dan perluasan terminal, itu hanya akan mampu meningkatkan kapasitas dari 4 juta menjadi 8 juta penumpang setiap tahunnya. Artinya, tetap terjadi over capacity sebesar 1,5 juta penumpang.

"Maka dari awal waktu kami pra diskusi, bagaimana pemerintah daerah bersama pemerintah pusat harus sudah mengambil kebijakan bahwa Provinsi Riau membutuhkan airport untuk skala lebih besar. Dan tentu juga ini sangat menentukan terhadap pertumbuhan ekonomi Riau dan juga berkontribusi untuk pertumbuhan nasional," kata Firdaus kepada JPNN.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus menyodorkan usulan rencana pembangunan bandara baru di Provinsi Riau kepada Presiden Joko Widodo guna memenuhi daya tampung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News