JPNN.com

Wamenag Ajak Umat Berzakat Agar Indonesia Selamat

Senin, 20 Juli 2020 – 19:44 WIB
Wamenag Ajak Umat Berzakat Agar Indonesia Selamat - JPNN.com
Wamenag Zainut Tauhid ajak umat Islam berzakat. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi mengajak seluruh umat Islam untuk meningkatkan kesadaran berzakat, agar Indonesia berkah serta selamat. 

“Inilah tugas kita, bagaimana menyadarkan saudara-saudara kita untuk menunaikan kewajiban zakat yang menjadi penyempurna iman Islam kita,” tutur Wamenag dalam pesan elektroniknya yang diterima, Senin (20/7).

Zainut yang melakukan kunker ke Sukabumi, Jawa Barat, dalam rangka Halaqoh Dakwah Zakat dan Kesiapsiagaan Pondok Pesantren di Era New Normal.

Zakat, tambah Zainut, merupakan salah satu instrumen utama keuangan sosial Islam yang memiliki peran dan dampak signifikan, dalam mengatasi masalah sosial-ekonomi masyarakat.

“Zakat merupakan solusi alternatif untuk penanggulangan kemiskinan sebagai komplementer dari anggaran negara, baik dalam skala mikro maupun skala makro," ujarnya.

Dalam perspektif pembangunan kemanusiaan, zakat merupakan ibadah sosial yang berkaitan dengan harta atau sering disebut sebagai ibadah maaliyah ijtimaiyah.

Zakat bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara golongan masyarakat yang kaya dan miskin.

Dia optimistis jika gerakan zakat yang bersifat masif dan inklusif akan memiliki nilai strategis, sebagai instrumen untuk mengatasi kemiskinan dan kesenjangan sosial ekonomi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha