Wamenag Sebut Tantangan Keagamaan di 2020 akan Lebih Beragam

Wamenag Sebut Tantangan Keagamaan di 2020 akan Lebih Beragam
Wakil Menag Zainut Tauhid.Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Jelang 2020, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid berharap masyarakat Indonesia makin dewasa dalam menyikapi perbedaan pandangan-pandangan yang berkembang.

Menurutnya, tahun depan, tantangan kehidupan keberagamaan bangsa Indonesia berbeda dengan tahun 2019.

“Saya berharap masyarakat makin dewasa dalam menyikapi pandangan-pandangan, baik keagamaan dan kemasyarakatan kebangsaan, sehingga kita lebih bisa menatap Indonesia ke depan dengan lebih cerah, lebih baik lagi,” kata Wamenag, Senin (30/12).

Dia menyebut, tantangan tahun depan tentu berbeda dengan 2019. Mungkin tantangan ke depan lebih beragam. Untuk itu semangat persatuan dan kesatuan harus terus dikuatkan.

Dia mengingatkan, konsolidasi kehidupan masyarakat perlu ditingkatkan untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa.

Di akhir 2019, Zainut pun mengajak bangsa Indonesia untuk bermuhasabah dan mengevaluasi diri. "Ya mudah-mudahan akhir tahun seluruh masyarakat Indonesia melakukan evaluasi, muhasabah, untuk merenungkan, terkait dengan capaian-capaian ibadahnya," tuturnya

Ibadah yang dilakukan oleh umat beragama, menurut Zainut, bukan saja harus bermanfaat bagi individu yang menjalankan, tetapi juga bagi bangsa dan negara. "Mudah-mudahan ke depan lebih baik, lebih memiliki tingkat manfaat yang besar untuk kepentingan bangsa dan negara ini," harap Zainut. (esy/jpnn)

Wamenag Zainut Tauhid mengatakan, tantangan kehidupan keberagamaan bangsa Indonesia akan berbeda di 2020.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News