Wamenaker Afriansyah Berharap Kolaborasi BPVP Padang dan ITP Ciptakan Lulusan Siap Kerja

Wamenaker Afriansyah Berharap Kolaborasi BPVP Padang dan ITP Ciptakan Lulusan Siap Kerja
Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor saat menyampaikan sambutan di acara penandatanganan perjanjian kerja bersama antara BPVP Padang dan ITP pada Jumat (8/9). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, PADANG - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor berharap kerja sama antara Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang dan Institut Teknologi Padang (IPB) dapat menciptakan lulusan yang kompeten dan berdaya saing.

Harapan tersebut disampaikan Wamenaker Afriansyah Noor saat menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja bersama (PKB) antara BPVP Padang dan ITP pada Jumat (8/9).

Penandatanganan yang dilakukan bertujuan meningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) melalui penyelenggaraan pelatihan vokasi dan sertifikasi kompetensi kerja.

Wamenaker Afriansyah menyambut baik atas kerja sama yang dilakukan kedua pihak.

"Kerja sama yang akan dilaksanakan dalam hal pelatihan dan sertifikasi kompetensi dapat meningkatkan kesiapbekerjaan bagi lulusan ITP," kata Wamenaker Afriansyah Noor.

Dia menyampaikan dengan dibekali sertifikat kompetensi dari BNSP, para lulusan nantinya dapat lebih cepat memperoleh pekerjaan, karena memiliki kompetensi yang diakui secara nasional.

Secara nasional, kata Wamenaker Afriansyah, belum sebagian besar perguruan tinggi yang ada melakukan sertifikasi kompetensi terhadap lulusannya.

Sertifikasi kompetensi masih berada di level prodi atau departemen yang tertentu saja.

BPVP Padang dan ITP berkolaborasi dalam menyelenggarakan pelatihan vokasi dan sertifikasi kompetensi kerja, begini harapan Wamenaker Afriansyah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News