Wamenaker Afriansyah Sampaikan Kemnaker Terus Kembangkan Kompetensi SDM di Kawasan DPSP

Wamenaker Afriansyah Sampaikan Kemnaker Terus Kembangkan Kompetensi SDM di Kawasan DPSP
Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor (tengah) saat hadir dalam Rakornas Percepatan Pengembangan 5 DPSP Semester I 2023 dan Rapat Dewan Pengarah Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata, Jumat (21/7). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memiliki peran untuk meningkatkan kompetensi masyarakat yang berada di sekitar kawasan destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).

Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor menyampaikan Kemnaker selaku Koordinator Pelatihan Vokasi pada lima DPSP mewujudkannya, berupa pelatihan berbasis kompetensi (PBK) dan pemagangan.

Selain itu, kata Wamenaker Afriansyah, Kemnaker juga melakukan pemenuhan infrastruktur lain yang mendukung pelaksanaan PBK dan pemagangan tersebut.

"Tujuan peningkatan kompetensi yang didapatkan dari pelatihan vokasi akan bisa menjadi bekal bagi masyarakat untuk dapat bekerja dan membuka usaha di Kawasan DPSP," kata Wamenaker Afriansyah dalam Rakornas Percepatan Pengembangan 5 DPSP Semester I 2023 dan Rapat Dewan Pengarah Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata, Jumat (21/7).

Lebih lanjut Wamenaker Afriansyah menyampaikan Kemnaker sendiri memiliki sejumlah program dan skema dalam memajukan sumber daya manusia (SDM) di kawasan DPSP.

Mulai dari penyiapan SDM pada sektor pariwisata, ekonomi kreatif, dan sektor pendukung lainnya melalui PBK yang dilaksanakan di BBPVP atau BPVP UPTP, BLK UPTD di sekitar kawasan, serta BLK
komunitas di sekitar kawasan.

PBK juga dilanjutkan dengan sertifikasi kompetensi oleh BNSP.

"Skema lainnya adalah pemagangan SDM sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, di mana peserta dimagangkan dengan durasi kurang lebih lima bulan di hotel, toko, dan lokasi magang lain yang berada di kawasan lima DPSP," terang Wamenaker Afriansyah.

Kemnaker terus mengembangkan kompetensi sumber daya manusia di kawasan destinasi pariwisata super prioritas (DPSP)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News