Kemnaker Terus Tingkatkan Kompetensi Ahli K3, Ini Tujuannya

Kemnaker Terus Tingkatkan Kompetensi Ahli K3, Ini Tujuannya
Direktur Jenderal Binwasnaker dan K3 Haiyani Rumondang. Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus meningkatkan kompetensi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Ahli K3).

Upaya tersebut dilakukan guna menekan terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja di lingkungan kerja, serta menjaga dan mendorong produktivitas usaha.

Direktur Jenderal Binwasnaker dan K3 Haiyani Rumondang menyampaikan keberadaan, posisi, dan peran Ahli K3 sangat strategis di tempat kerja sebagai tenaga teknik berkeahlian khusus dari luar Kemnaker untuk mengawasi dan memastikan ditaatinya peraturan perundang-undangan bidang K3.

Dirjen Haiyani menyampaikan hal itu dalam sambutan pada pembukaan pelatihan peningkatan kompetensi Ahli K3 2023 di Jakarta, Selasa (18/7).

"Selain merupakan target pencapaian rencana strategis Kemnaker, peningkatan kompetensi Ahli K3 sangat penting dilaksanakan sebagai sarana komunikasi dan edukasi," kata Dirjen Haiyani dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Direktur Bina K3 Hery Susanto.

Dia berharap para Ahli K3 melalui kegiatan tersebut dapat menambah wawasan sehingga implementasi K3 di semua tempat terlaksana dengan baik, dan tercapai nihil kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Melalui kegiatan ini, lanjut dia, berbagai upaya akan dilakukan, antara lain penyusunan dan pembaharuan regulasi di bidang ketenagakerjaan, inovasi pelaksanaan pembinaan dan pengawasan, serta pelayanan K3.

Hal ini sebagai upaya meningkatkan kesadaran pengurus perusahaan dan pekerja tentang manfaat pelaksanaan K3, yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Dirjen Binwasnaker dan K3 Haiyani Rumondang menyampaikan komitmen Kemnaker untuk terus tingkatkan kompetensi Ahli K3, ini tujuannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News