Wamendag: Crypto Harus Terlembaga

Wamendag: Crypto Harus Terlembaga
Wamendag Jerry Sambuaga. Foto Humas Kemendag

jpnn.com - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan teknologi menjadi pendorong transformasi perdagangan saat ini.

Pengaruh teknologi setidaknya ada tiga yaitu menciptakan produk-produk perdagangan digital baru, menciptakan mekanisme perdagangan baru dan memberikan fasilitasi atas pola mekanisme perdagangan lama.

Dalam menciptakan produk perdagangan digital, Jerry mencontohkan crypto di Indonesia sebagai aset digital. 

"Konsep crypto dan blockchain akan memberikan pengaruh luas dan intensif dalam berbagai sektor, bahkan dalam konteks ekonomi makro," kata Wamendag Jerry, Jumat (3/9). 

Pasalnya crypto akan mengubah pola-pola pengaturan ekonomi perdagangan lama dari berbasis otoritas negara menjadi otoritas pasar dan komunitas. Oleh karena itu, pemerintah merasa perlu untuk memberikan perhatian lebih pada crypto sehingga otoritas dan ketahanan ekonomi negara bias terjamin.

“Prinsipnya crypto harus teratur dan terlembaga dan harus di bawah pengaturan negara. Jadi dinamika dan dampaknya bias dikelola dengan baik," ujar Jerry.

Pengaruh teknologi kedua menurut wamendag adalah dalam membentuk mekanisme perdagangan baru. Contoh sederhananya adalah perdagangan online melalui berbagai platform.

Dengan teknologi informasi, perdagangan bias dilakukan tanpa harus ada pertemuan pembeli dan penjual dalam suatu tempat. 

Wamendag Jerry Sambuaga mengatakan crypto harus teratur dan terlembaga dan harus di bawah pengaturan negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News