Wamendag Harapkan Proses Recovery Ekonomi di 2022 Berlangsung Cepat

Wamendag Harapkan Proses Recovery Ekonomi di 2022 Berlangsung Cepat
Wamendag Jerry Sambuaga. Foto: Humas Kemendag RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga berharap Presidensi Indonesia dalam kelompok G20 bisa menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan perdagangan.

Dia berharap presidensi Indonesia di G20 maka Indonesia bisa memasukkan agenda-agenda khususnya berkaitan dengan kepentingan nasional saat ini. Indonesia sendiri mengusung tema 'recover together recover stronger`.

Menurut Wamendag, tema tersebut mencerminkan semangat bersama untuk pulih secara ekonomi dan kesehatan di antara negara-negara G20.

Tahun ini ditargetkan menjadi tahun awal bagi berjalannya ekonomi nasional maupun ekonomi dunia yang terdampak Covid-19. Sedangkan tahun 2022 diharapkan proses recovery akan berlangsung lebih cepat.

"Bukan hanya pulih, ekonomi dunia diharapkan menjadi lebih kuat dan lebih cepat tumbuhnya," kata Wamendag Jerry, Rabu (28/7).

Pada masa pandemi, lanjutnya, Indonesia melakukan langkah-langkah yang sangat baik khususnya dalam ekonomi dan perdagangan. Secara makro, ekonomi Indonesia relatif bisa melakukan mitigasi dampak covid. 

Sedangkan dalam proses perdagangan Indonesia bisa mengelola pemenuhan kebutuhan dasar dan kebutuhan kesehatan relatif baik. Kelangkaan dalam alat kesehatan dan kebutuhan penanganan covid tidak berlangsung berlarut-larut dan bisa segera diatasi. 

"Indonesia melakukan langkah yang baik pula dalam perdagangan luar negeri," ujarnya.

Wamendag berharap presidensi Indonesia di G20 bisa mempercepat proses recovery ekonomi dan perdagangan di 2022

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News