Wamendag Jerry: Digitalisasi Jadi Gaya Hidup, Peluang Besar bagi UMKM

Wamendag Jerry: Digitalisasi Jadi Gaya Hidup, Peluang Besar bagi UMKM
Wamendag Jerry Sambuaga mengungkapkan besarnya peluang UMKM ketika digitalisasi sudah menjadi gaya hidup. Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan perkembangan industri digital memberikan peluang bagi para pelaku usaha, terutama UMKM, untuk melakukan transformasi digital.

Hal ini memungkinkan mereka untuk meningkatkan daya saing dalam memasarkan produk dan layanan mereka ke lebih banyak konsumen. 

"Melalui digitalisasi, pelaku usaha di berbagai sektor industri, termasuk pariwisata, berpotensi memenuhi lebih banyak permintaan dari para konsumen di berbagai wilayah," kata Wamendag Jerry dalam diskusi Power Talk soal peran super-app besutan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) secara hybrid, Jumat (1/4).

Dia melanjutkan penggunaan teknologi digital sebagai gaya hidup dan solusi perdagangan perlu terus disosialisasikan.

Hal itu, kata dia dilakukan agar masyarakat beradaptasi dan mendapatkan manfaat dari layanan dan produk inovatif yang ditawarkan.

Pada kesempatan sama, Ketua Umum idEA Bima Laga menjabarkan upaya para pelaku industri digital untuk membangun usahanya.

Proses sosialisasi digital mengalami dorongan luar biasa saat pandemi melanda, semua aktivitas seperti dipaksa beralih ke digital, tetapi semua memang tidak punya pilihan. 

Meski demikian, kata Bima, pelaku industri digital, terutama e-commerce dan super-app, masih harus melakukan edukasi serta sosialisasi kepada semua pihak.

Wamendag Jerry Sambuaga mengungkapkan besarnya peluang UMKM ketika digitalisasi sudah menjadi gaya hidup

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News