Wamenkes Beberkan Strategi Pemerintah Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 di Daerah

Jumat, 11 Juni 2021 – 20:58 WIB
Wamenkes Beberkan Strategi Pemerintah Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 di Daerah - JPNN.com
Wamenkes Dante Saksono mengatakan pemerintah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19 di daerah. Foto/ilustrasi: (Biro Pers Sekretariat Presiden)

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19 di daerah.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menyatakan salah satunya adalah edukasi dan sosialisasi dengan mengubah pola pikir masyarakat.

Dante menjelaskan pemerintah selalu mengedepankan upaya preventif dibandingkan dengan kuratif dalam penanganan pandemi Covid-19.

Pasalnya, dinilai efektif dan mampu mengurangi kerugian material, termasuk nyawa manusia.

"Untuk daerah yang sudah mengalami kondisi ekstrem peningkatan kasus, maka yang harus dilakukan adalah memberikan support tenaga kesehatan, support fasilitas kesehatan termasuk di dalamnya obat-obatan," kata Dante dalam Dialog KPCPEN - FMB9 yang dilaksanakan secara daring hari Kamis (10/6).

Menurutnya, Kemenkes juga akan melakukan mitigasi dan evaluasi. Di samping itu memberikan bantuan manajemen kesehatan di daerah yang sedang mengalami lonjakan.

Pada daerah dengan kasus aman dari lonjakan, sambung Dante, pihaknya akan menerapkan kebijakan PPKM Mikro hingga kondisi aman.

"Kampanye protokol kesehatan juga digalakkan kepada masyarakat, begitu juga 3T, yaitu, tracing, testing, dan treatment sehingga mencapai angka kumulatif yang ditargetkan bersama," katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...