Wanita Nelayan Sadulur Ganjar Bangun Rumah Produksi dan Melatih Ibu-Ibu Bikin Keripik Sukun

Wanita Nelayan Sadulur Ganjar Bangun Rumah Produksi dan Melatih Ibu-Ibu Bikin Keripik Sukun
Wanita Nelayan Sadulur Ganjar membangun rumah produksi dan melatih ibu-ibu membuat keripik sukun di Pangandaran, Jawa Barat. Foto: Wanita Nelayan Sadulur Ganjar.

jpnn.com - PANGANDARAN - Kawasan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, merupakan daerah pesisir dengan ragam potensi sumber daya alam (SDA) melimpah, mulai dari komoditas kelautan dan perikanan, pertanian serta perkebunan.

Melihat potensi besar di kawasan Pangandaran itu, sukarelawan Ganjar Pranowo, Wanita Nelayan Sadulur Ganjar melatih istri-istri pelaut mengolah hasil bumi "Hawaii van Java", yakni sukun, menjadi sebuah produk camilan berkualitas.

Tidak hanya itu, Wanita Nelayan Sadulur Ganjar juga membangun rumah produksi keripik sukun untuk menstimulasi kekuatan ekonomi bagi masyarakat di Desa Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (22/7/23).

Seperti diketahui, sukun merupakan salah satu buah yang populer dan mudah ditemukan. Selain enak, buah yang memiliki nama ilmiah artocarpus altilis ini juga kaya akan nutrisi.

"Di kegiatan hari ini tadi, Wanita Nelayan Sadulur Ganjar itu melatih ibu-ibu istri nelayan untuk membuat keripik sukun karena di desa Legokjawa banyak sekali yang menanam tanaman sukun," ucap Sekretaris Wanita Nelayan Sadulur Ganjar Legokjawa Ai Siti Rohimah dalam keterangannya kepada wartawan.

Rumah produksi itu dilengkapi sejumlah perlengkapan dapur, seperti kompor, wajan, alat peniris minyak, dan lainnya sehingga diharapkan menjadi pusat produktivitas pembuatan keripik sukun dengan menyerap tenaga kerja ibu-ibu setempat.

Keripik sukun nantinya bakal dibungkus menggunakan desain dan model kemasan yang telah disediakan agar produk ini mampu menarik minat konsumen.  Wanita Nelayan Sadulur Ganjar juga menyiapkan ketersediaan pasar untuk memasarkan produk tersebut.

Ai Siti Rohimah berharap produk olahan ini bisa menjadi daya tarik bagi para pelancong yang tengah menghabiskan momen liburan, dan hasil penjualannya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sukarelawan Ganjar Pranowo,  Wanita Nelayan Sadulur Ganjar, melatih ibu-ibu di Pangandaran membuat keripik sukun. Mereka juga mendirikan rumah produksi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News