Wapres Ma'ruf Amin Ajak Masyarakat Manfaatkan Bertani Gunakan Konsep Ini

Wapres Ma'ruf Amin Ajak Masyarakat Manfaatkan Bertani Gunakan Konsep Ini
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat melakukan menanam jagung dan kedelai di Kabupaten Purwakarta, Senin (28/3). Foto: Kementan

jpnn.com, PURWAKARTA - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengajak masyarakat di Jawa Barat untuk memanfaatkan lahan terbukanya sebagai tempat bertanam melalui konsep integrated farming.

Hal itu disampaikan Wapres seusai kegiatan menanam jagung dan kedelai di Kabupaten Purwakarta, Senin (28/3).

"Saya ingin memberi kesempatan pada masyarakat untuk menanam di lahan yang dikuasai swasta maupun BUMN. Apalagi masyarakat kadang-kadang bisa menanam, tetapi tidak bisa menjual," kata dia dalam siaran persnya, Senin.

Menurut Wapres, integrated farming ialah ekosistem yang bisa membawa pertanian Indonesia jauh lebih modern dan bisa memberdayakan masyarakat melalui pertanian terintegrasi.

"Apalagi di Jawa Barat banyak lahan sperti ini. Ke depan kita bisa melakukan digitalisasi termasuk di pesantren supaya mereka memanfaatkan lahannya secara baik," ungkapnya.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengapresiasi jajaran Kementan yang terus membangun pertanian dengan skala besar berbasis kerakyatan.

Dia mengatakan jika di survei urusan sembako ini selalu nomor satu, sehingga kalau negara hadir tentu akan diapresiasi.

"Makanya ke depan managemen pertanahan yang dikuasia mayoritas, tentu kami ingin ada kontribusi sehingga suatu saat pesantren punya lahan luas dan mengerjakan komoditas yang dibutuhkan," katanya.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengajak masyarakat di Jawa Barat untuk memanfaatkan lahan terbukanya sebagai tempat bertanam melalui konsep seperti ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News