Wapres Ma'ruf Amin Pastikan Ketersediaan Pangan Jelang Puasa dan Idulfitri Aman

Wapres Ma'ruf Amin Pastikan Ketersediaan Pangan Jelang Puasa dan Idulfitri Aman
Wapres Ma'aruf Amin bersama Mentan Syahrul Yasin Limpo menyapa petani dan penyuluh secara virtual di Kantor Kementan, Ragunan, Selasa (8/3). Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - Wakil Presiden RI KH Maruf Amin memastikan kebutuhan pangan jelang ramadan dan hari raya Idulfitri 2022 mendatang dalam kondisi aman.

Kepastian itu, kata Wapres, didapatkan langsung dari hasil validasi data pangan yang dilakukan jajaran Kementerian Pertanian (Kementan).

"Dari laporan yang saya terima kebutuhan bahan pokok seperti minyak goreng dan kedelai dalam kondisi aman sampai ramadan dan Idulfitri," ujar Wapres seusai menyapa petani dan penyuluh secara virtual di Kantor Kementan, Ragunan, Selasa (8/3).

Menurut Wapres, mengenai kenaikan harga dan kelangkaan beberapa bahan pokok yang terjadi selama beberapa waktu terakhir herus menjadi tanggungjawab bersama, termasuk kementerian lain terkait dengan urusan harga pangan.

"Jadi, bukan hanya kementan, tetapi semua kementerian lain saya minta ada kolaborasi. Kemudian harus dilakukan intervensi ketika ada kebaikan harga," tuturnya.

Dengan adanya kolaborasi itu, Wapres yakin Indonesia jauh lebih siap menghadapi masalah pangan yang menjadi masalah dunia.

Wapres meminta kolaborasi antar kementerian penting dilakukan agar harga kebutuhan pangan bisa dikendalikan secara baik.

Wapres mengatakan kenaikan harga pangan pada ramadan tidak bisa dipungkiri, karena selalu terjadi pada setiap tahun.

Wakil Presiden RI KH Maruf Amin memastikan kebutuhan pangan jelang ramadan dan hari raya Idulfitri 2022 mendatang dalam kondisi aman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News