Wapres Ma'ruf Amin Resmikan 6 Rumah Ibadah di Universitas Pancasila

Wapres Ma'ruf Amin Resmikan 6 Rumah Ibadah di Universitas Pancasila
Wapres KH Ma’ruf Amin meresmikan enam rumah ibadah yang dibangun Universitas Pancasila (UP), Rabu (5/1). Foto: Dok. Universitas Pancasila

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin meresmikan enam rumah ibadah yang dibangun Universitas Pancasila (UP), Rabu (5/1).

Peresmian disaksikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan para duta besar dari negara-negara sahabat, serta pengusaha.

Rektor Universitas Pancasila Edie Toet Hendratno mengatakan inisiator pendirian enam rumah ibadah ini ialah Ketua Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (YPP UP) Siswono Yudo Husodo.

Edie mengatakan latar belakang pemikirannya adalah sebagai universitas yang menyandang nama besar Pancasila, maka sudah selayaknya sivitas akademikanya berkomitmen menjaga Pancasila, menjaga bangsa, termasuk keberagamannya baik adat istiadat, budaya, bahasa dan agama.

Harmonisasi interaksi dan komunikasi antarumat beragama akan menghilangkan konflik antar kelompok mahasiswa yang kerap muncul di satu perguruan tinggi.

"Bangsa ini telah meletakkan Pancasila sebagai Weltanschauung (pandangan dunia/Worldview) atau philosofische grondslag (dasar filsafat negara). Bangsa ini juga secara konsensus telah meletakan Pancasila sebagai dasar negara, merupakan fondasi adanya negara Indonesia,” kata dia lewat keterangannya.

"Enam rumah ibadah ini akan menjadi simbol Rumah Keberagaman, tempat di mana seluruh sivitas akademika dan masyarakat sekitar dapat membangun relasi keimanannya baik yang beragama Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Buddha dan Konghucu. Tempat belajar mempererat hubungan kemanusiaan, bertoleransi dan menjaga persatuan, belajar berdiskusi untuk sebuah keputusan, dan belajar bersikap adil bagi sesama,” kata Edie.

Pembangunan keenam rumah ibadah ini dilakukan secara gotong royong baik oleh internal Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila dan relasi-relasi Yayasan dan Universitas Pancasila.

Inisiator pendirian enam rumah ibadah ialah Ketua Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (YPP UP) Siswono Yudo Husodo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News