Wapres Mendorong UT Tingkatkan Kualitas dan Inovasi

Wapres Mendorong UT Tingkatkan Kualitas dan Inovasi
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan dalam Dies Natalis ke-37 dan Disporseni Universitas Terbuka (UT), Sabtu (4/8). Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 merupakan tantangan dan sekaligus peluang bagi bangsa Indonesia untuk mengembangkan riset dan inovasi serta bertransformasi menuju kemandirian dalam berbagai bidang.

Hal ini disampaikan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan dalam Dies Natalis ke-37 dan Disporseni Universitas Terbuka (UT), Sabtu (4/8).

"Saya mendorong Universitas Terbuka untuk terus meningkatkan kualitas dan inovasi sejalan dengan kemajuan teknologi informasi, menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), lembaga riset, serta perguruan tinggi lain dalam menyiapkan sumber daya manusia unggul di era 4.0 yang berdaya saing global dan berkarakter kebangsaan," tuturnya.

Ma'ruf Amin juga memberikan apresiasi pada Universitas Terbuka yang menjadi pionir dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ)  di tingkat perguruan tinggi. Juga memberikan layanan pendidikan tinggi yang terjangkau dan fleksibel tersedia bagi masyarakat di seluruh pelosok tanah air selama empat dasawarsa.

"Saya juga mengajak seluruh civitas akademika Universitas Terbuka bersama-sama masyarakat dan pemerintah untuk menyukseskan program percepatan penanganan Covid-19, sekaligus mendorong percepatan ekonomi nasional untuk membangun Indonesia," ucapnya.

Senada itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menilai UT telah memberikan kontribusi besar dalam kemajuan bangsa dan negara Indonesia di bidang pendidikan terbuka dan jarak jauh.

UT juga berperan besar memberikan kesempatan yang luas bagi masyarakat Indonesia untuk memperoleh pendidikan tinggi yang berkualitas terutama bagi masyarakat yang berada di berbagai pelosok tanah air termasuk masyarakat yang berada di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

"UT menjadi pionir dalam inovasi pendidikan jarak jauh dan harus tetap selangkah lebih maju dalam berinovasi di bidang teknologi pembelajaran, termasuk mengembangkan ujian berbasis online," kata Bamsoet, panggilan akrabnya.

Wapres Ma'ruf Amin mendorong UT meningkatkan kualitas dan Inovasi sejalan dengan kemajuan teknologi informasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News