Minggu, 19 Agustus 2018 – 23:53 WIB

Wapres Minta Kepsek Dirotasi Lintas Provinsi

Kamis, 08 Februari 2018 – 06:02 WIB
Wapres Minta Kepsek Dirotasi Lintas Provinsi - JPNN.COM

jpnn.com, DEPOK - Para kepala sekolah (Kepsek) harus siap-siap untuk dirotasi antardaerah. Hal itu menyusul instruksi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

Wapres meminta dilakukan rotasi Kepsek tidak hanya dalam satu wilayah tapi lintas provinsi.

"Dunia pendidikan di mana pun selalu penuh dinamika. Masing-masing daerah pasti punya budaya sendiri-sendiri karena itu Kepsek harus tahu dinamikanya," kata JK saat memberikan inspirasi dan motivasi kepada peserta rembuk nasional pendidikan dan kebudayaan (RNPK) 2018 di Sawangan, Depok.

Perlunya tukar menukar Kepsek, lanjutnya, karena budaya belajar setiap daerah berbeda-beda. Misalnya, Kepsek di Jawa dirotasi ke wilayah timur, demikian sebaliknya.

Begitu juga Kepsek di sekolah favorit dimutasi ke yang tempat biasa. Ini agar Kepsek kaya pengalaman dan bisa membuat kebijakan apa yang cocok dengan sekolah pimpinannya.

Selain itu, JK juga menyoroti motivasi masyarakat yang ingin jadi guru. Dulu, yang jadi guru memang ingin bergelut dengan dunia pendidikan.

Sekarang, motivasi itu mulai bergeser. Orang yang masuk pendidikan guru cenderung melihat kesejahteraannya. Saat ini kesejahteraan guru terus meningkat.

"Jadi niatnya agak sedikit bergeser. Nggak apa-apa begitu asalkan mutu pendidikan harus perhatikan juga. Jangan menuntut sejahtera tapi mutu dilupakan," tandasnya. (esy/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar