Wapres Tolak Densus Tipikor, Johan Budi: Itu Pendapat Pak JK

Wapres Tolak Densus Tipikor, Johan Budi: Itu Pendapat Pak JK
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Presiden Johan Budi Sapto Prabowo enggan berpolemik menyikapi penolakan Wakil Presiden Jusuf Kalla terhadap pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor).

"Itu disampaikan Pak JK, pendapat Pak JK," ucap Johan dikonfirmasi wartawan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Rabu (18/10).

Dia hanya memastikan Presiden Joko Widodo belum bersikap secara resmi terhadap rencana Polri membentuk tim khusus pemburu koruptor tersebut di Korps Bhayangkara.

"Kemarin saya sudah beri penjelasan, yang kemudian kayaknya disederhanakan menjadi Presiden seolah-olah setuju," ujar mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini.

Johan mengaku dia hanya menyampaikan soal kewenangan pembentukan Densus Tipikor tersebut berada di Polri.

Mengenai anggaran dan hal lain terkait unit tersebut, lumrahnya dibahas di rapat kabinet terbatas.

"Biasanya hal seperti itu dirapatkan di kabinet terbatas, di situlah akan terjadi diskusi dari usulan misalnya, di situ kan ada jaksa agung, menkumham, yang kemudian diskusi cukup intens di rapat kabinet, baru kemudian diputuskan disetujui atau tidak. Nah itu belum ada, sehingga tidak bisa disiumpulkan setuju atau tidak setuju," jelas dia.

Johan juga menyebutkan yang menjadi perhatian Presiden dalam isu korupsi adalah pemberantasannya harus efektif, cepat dan masif. Kemudian, KPK harus diperkuat.

Presiden Joko Widodo belum memberi sikap atas rencana pembentukan Densus Tipikor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News