Warga Aceh Jaya Takut Pulang ke Rumah, Ternyata Ini Penyebabnya

Warga Aceh Jaya Takut Pulang ke Rumah, Ternyata Ini Penyebabnya
Babinsa Kuala Serka Ishak Idris dan masyarakat memperlihatkan kotoran gajah liar yang masuk pemukiman warga Desa Kuala Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Aceh Jaya, Sabtu (13/5/2023). Foto: ANTARA/HO

jpnn.com, BANDA ACEH - Sekawanan gajah liar kembali masuk ke permukiman warga di Dusun Bahagian Desa Kuala Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Aceh Jaya, Aceh.

Kejadian itu pun membuat warga setempat ketakutan untuk pulang ke rumah mereka. Mereka mengaku khawatir diamuk gajah liar yang sudah sering masuk ke permukiman setempat.

"Saat ini gajah makin meresahkan kami, sekarang tidak hanya malam bahkan pagi hari gajah sering masuk permukiman," kata salah seorang warga Desa Kuala Kecamatan Indra Jaya Tgk Marhaban, di Aceh Jaya, Sabtu.

Marhaban mengatakan, dirinya bersama warga lainnya sudah mulai takut pulang ke rumah karena setiap malam gajah tersebut berada di belakang rumah mereka.

"Sudah beberapa hari ini kejadiannya, tapi sampai hari ini belum ada penanganan serius dari pihak BKSDA," ujar Marhaban yang juga Imam Meunasah (Mushalla) setempat.

Marhaban menyampaikan, pihaknya sudah mengirimkan surat terkait permohonan pemindahan jangka panjang gajah liar tersebut kepada BKSDA Aceh yang ditandatangani oleh dua Camat serta sejumlah Keuchik di Aceh Jaya. Namun, hingga saat ini belum ada reaksi apapun.

"Ada pihak Polhut (polisi hutan) datang membakar mercon, tetapi itu sudah tidak mempan, malah semakin parah," katanya.

Dirinya menuturkan bahwa saat ini sejumlah tanaman warga di Desa setempat juga sudah sering dimakan gajah liar, dan parahnya bukan lagi di wilayah perkebunan, melainkan sudah mendekat ke pekarangan rumah masyarakat.

Sekawanan gajah liar kembali masuk ke permukiman warga di Dusun Bahagian Desa Kuala Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Aceh Jaya, Aceh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News