Warga Amerika Haus Bensin Murah, BBM Bersubsidi di Meksiko pun Dijarah

Warga Amerika Haus Bensin Murah, BBM Bersubsidi di Meksiko pun Dijarah
Suasana salah satu stasiun pengisian bahan bakar di Tijuana, Meksiko, Kamis (24/4). Pemerintah Meksiko terpaksa mencabut kebijakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di beberapa wilayah akibat makin banyaknya warga Amerika Serikat (AS) yang datang berburu bensin murah. Foto: Guillermo Arias / AFP

jpnn.com, MEXICO CITY - Meksiko terpaksa mencabut kebijakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk wilayahnya yang berbatasan dengan Amerika Serikat (AS). 

Pasalnya, meski AS adalah negara maju yang kaya raya, warganya tetap doyan bensin murah.

Ya, pemerintah Meksiko menemukan banyak warga Paman Sam yang rela berkendara menyeberangi perbatasan demi mengisi tanki mobil mereka.

Kementerian Keuangan Meksiko mengatakan aksi tidak tahu malu itu mengakibatkan banyak warganya tidak kebagian jatah.

"Di Amerika Serikat, harga bensin lebih tinggi daripada di Meksiko, dan warga negara itu melintasi perbatasan untuk memperbanyak persediaan," kata kementerian keuangan, Sabtu (2/4).

Penangguhan subsidi dilakukan pada 2-8 April dan mencakup kota-kota di negara bagian perbatasan Tamaulipas, Nuevo Leon, Coahuila, Chihuahua, Sonora dan Baja California, termasuk Tijuana, salah satu penyeberangan perbatasan tersibuk di dunia.

Seperti banyak negara lain, Amerika Serikat pun mengalami kenaikan harga minyak sejak Rusia menginvasi Ukraina akhir Februari lalu.

Harga pun makin meroket setelah Gedung Putih mengharamkan impor minyak dan gas dari Rusia.

Pemerintah Meksiko mencatat peningkatan warga Amerika Serikat yang rela menyeberangi perbatasan demi BBM murah

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News