Warga Diminta Hemat 3 Titik

Warga Diminta Hemat 3 Titik
Warga Diminta Hemat 3 Titik
JAKARTA- Jika setiap rumah tangga maupun sektor usaha dapat menghemat 2 sampai 3 titik listrik maka pemadaman bergilir di Jakarta tanggal 11-25 Juli mendatang  dapat dihindari.

 
“Kalau semua berhemat mengurangi 2 atau 3 titik lampu tiap hari, mungkin pemadaman bergilir tidak akan ada.” Demikian diungkapkan J. Purwono dikantor Departemen Energi dan Sumber Daya mineral, Jakarta, Kamis (10/07/08).

 
Meskipun PLN mempunyai cadangan listrik untuk Jawa dan Bali  sebesar 21 ribu Mw, sementara beban puncak  hanya sekitar 17 ribu Mw. Namun menurut Purwono meskipun terdapat spare sebesar 3 ribu MW, hal itu tidak terlalu besar atau kapasitasnya tidak mencukupi. Karena perhitungannya kapasitas yang ada harus dikurangi dengan pembangkit yang sedang dalam perawatan.

 
Purwono menambah bahwa  ia mengingatkan PLN untuk segera melakukan interbus transformer. Maksudnya travo yang mengalirkan listrik dari daerah yang kelebihan  listrik kepada daerah yang kekurangan pasokan listrik.

 

Pemadaman bergilir yang akan terjadi dari tanggal 11-25 Juli ini karena PLN tidak mampu memasok listrik dengan kapasitas penuh. PLTGU Muara Karang dan PLTGU Tanjung Priok saat ini tidak beroperasi dengan kapasitas optimal, karena pasokan gas yang menjadi bahan bakar kedua pembangkit listrik tersebut terganggu. Saat ini bahan bakarnya diganti dengan BBM. (wid)

JAKARTA- Jika setiap rumah tangga maupun sektor usaha dapat menghemat 2 sampai 3 titik listrik maka pemadaman bergilir di Jakarta tanggal 11-25 Juli


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News