Warga Diwajibkan Makan Ikan Tiap Hari

Warga Diwajibkan Makan Ikan Tiap Hari
Warga Diwajibkan Makan Ikan Tiap Hari
MERAUKE - Gerakan Makan Ikan (Germani) bagi seluruh penduduk Kabupaten Merauke mulai dicanangkan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka berlangsung di Kampung Urum, Rabu (26/10). Gerakan makan ikan  tersebut merupakan salah satu program Pemerintah Kabupaten Merauke, Provinsi Papua agar anak-anak yang lahir sehat dan memiliki intelegensi yang tinggi. Selain itu dengan makan ikan akan lebih sehat karena diyakini akan terhindar  dari penyakit kalesterol maupun darah tinggi yang saat ini menjadi penyakit trend  diderita warga Merauke.

Pencanangan Germani tersebut ditandai dengan penyerahan 3 ekor ikan bakar kepada 3 anak dan pelepasan bibit ikan ke kolam. Pencanangan Germani tersebut dirangkaikan dengan puncak Peringatan Hari Ketahanan Pangan tingkat Kabupaten Merauke.

Romanus Mbaraka pada kesempatan tersebut mengungkapkan, saat ini peran pemerintah terus ditingkatkan, mulai dari Bupati sampai aparat tingkat paling bawah, kepala kampung. Begitu juga masyarakat secara sadar diri harus mampu mempertahankan hidup dengan melakukan berbagai kegiatan dengan sungguh-sungguh. 

Berkaitan dengan Hari Ketahanan Pangan Nasional itu, Bupati mengharapkan instansi tehnis bersama masyarakat untuk meningkatkan produksi khususnya tanaman lokal.  'Khusus masyarakat asli lokal, saya ingin agar dapat perhatikan baik-baik. Kalau semua perhatikan tanaman lokal dengan baik, kamu termasuk saya  akan sehat. Karena di dalam sagu, ubi kayu  dan keladi tidak akan menderita darah tinggi, kalesterol atau gula. Lalu ketika masak ikan tidak pakai minyak, hanya  rebus atau bakar saja tidak akan menderita darah tinggi atau darah rendah atau asam urat dan terlalu gemuk,' jelasnya.

MERAUKE - Gerakan Makan Ikan (Germani) bagi seluruh penduduk Kabupaten Merauke mulai dicanangkan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka berlangsung di Kampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News