Warga India Pilih Beli HP Dibandingkan Toilet

Warga India Pilih Beli HP Dibandingkan Toilet
Warga India Pilih Beli HP Dibandingkan Toilet
INDIA adalah salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia. Maka tak heran hampir setengah dari 1,2 miliar penduduk di negara Bollywood memiliki telepon genggam. Namun, jumlah itu tak sebanding dengan kepemilikan toilet pribadi. Akibatnya masih banyak warga buang air sembarangan.

Seperti dilansir BBC  hal ini terlihat dari hasil sensus India 2011 yang menunjukkan hanya 46.9 persen rumah tangga di Anak benua itu yang memiliki kakus. Sementara 49.8 persen lainnya buang air di tempat terbuka. Sisanya 3.2 persen menggunakan WC umum

Sensus yang dilakukan 2011 lalu  juga menunjukan bahwa 63,2 persen rumah memiliki telepon. Sejumlah kalangan menyebut ini menunjukkan adanya kontradiksi dalam pertumbuhan ekonomi India saat ini. Di mana akses teknologi informasi yang begitu besar ternyata tak sebanding dengan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat seperti Toilet.

Contoh kecilnya  sekitar 77 persen rumah di bagian timur negara bagian Jharkhand tidak memiliki jamban, demikian halnya di Orissa 76,6 persen dan 75,8 persen  di Bihar mengalami hal serupa. Tiga kawasan ini merupakan wilayah miskin di India dengan penghasilan sekitar kurang satu dollar per hari.

INDIA adalah salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia. Maka tak heran hampir setengah dari 1,2 miliar penduduk di negara Bollywood

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News