Warga Indonesia di Australia Saling Bantu di Tengah Kesulitan Akibat Corona

Warga Indonesia di Australia Saling Bantu di Tengah Kesulitan Akibat Corona
Darwin (kedua dari kanan) bersama mahasiswa lainnya di Sydney Town Hall. Darwin membantu membagikan makanan yang dibayar oleh David untuk mahasiswa internasional. (Supplied: Darwin Tjoea)

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan warga yang ada di Australia, termasuk beberapa warga Indonesia, kehilangan pekerjaan mereka. Sejumlah warga Indonesia pun kini menawarkan bantuan bagi mereka yang terkena dampaknya.

Meliana Schoonens adalah salah satu warga Indonesia yang merasa iba melihat nasib para pemegang visa Work and Holiday Visa (WHV) di Kawasan Australia Utara, khususnya mereka yang kehilangan pekerjaan akibat pembatasan operasional sejumlah tempat.

Sejak pekan lalu, Meliana mengaku telah membagikan 77 kotak makanan Indonesia, yang ia masak sendiri, secara gratis.

"Saya lihat tulisan pemegang WHV di grup Whatsapp yang pusing karena kehilangan pekerjaan. Ini membuat saya berpikir, anak-anak ini waktunya terbatas dan akibat kejadian ini, mereka yang mayoritas casual harus kehilangan pekerjaan," katanya.

"Jadi saya berpikir, apa yang bisa saya lakukan untuk give back [berkontribusi] ke komunitas. Saya tidak punya apa-apa dan yang saya bisa lakukan adalah memasak."

Warga Indonesia di Australia Saling Bantu di Tengah Kesulitan Akibat Corona Photo: Meliana dan suami. Melalui tindakannya, Meliana berharap dapat menularkan ide untuk menolong sesama di tengah wabah COVID-19. (Supplied: Meliana)

 

Meliana mengaku sebelum akan membantu mereka yang sedang mengikuti program WHV, ia menanyakan dulu kepada suaminya, karena sempat khawatir.

"Suami saya bilang dia tidak khawatir tentang pengeluaran kami, namun terhadap kondisi saya. Ia takut kalau saya keluar malah saya mengekspos diri dan nantinya saya mungkin terkena virus," kata Meliana kepada Natasya Salim dari ABC News.

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan warga yang ada di Australia, termasuk beberapa warga Indonesia, kehilangan pekerjaan mereka

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News