Warga Jatigede Minta Pekerjaan Sama Kang Emil

Warga Jatigede Minta Pekerjaan Sama Kang Emil
Ridwan Kamil. Foto istimewa for jpnn

jpnn.com, SUMEDANG - Warga Jatigede meminta kepada Ridwan Kamil dibuatkan pekerjaan yang akan memberikan penghasilan.

Pasalnyam sejak rumah mereka ditenggelamkan 2015 silam, mereka pindah ke tempat baru dan kehilangan mata pencahariannya.

Hal itu disampaikan dalam pertemuan kampanye Ridwan Kamil dengan ratusan warga eks Jatigede di Desa Karangpakuan, Darmaraja, Jatigede, Sumedang, Jumat (13/4).

Sebanyak 750 ribu Kepala Keluarga yang menempati 28 desa, di 5 kecamatan di Jatigede ini rumahnya sudah tenggelam dan menjadi waduk Jatigede.

"Dampak dari pembuatan waduk itu, sebanyak 60 ribu jiwa masyarakat Jatigede kini tidak punya penghasilan karena tanah pertanian tidak ada lagi," kata Ketua Adat Jatigede, Agus Haruman.

Menurut dia, tak hanya kehilangan rumah, masih ada tersisa masalah hukum, di mana sebagian kecil warga ada yang belum selesai masalah ganti ruginya.

Sementara itu, Dasim Dasta, warga setempat mengaku kehilangan tanah pertanian. Padahal dulu saat rumahnya dan sawahnya belum ditenggelamkan, dia punya mata pencaharian.

Menanggapi curhatan itu, Ridwan Kamil mengaku bisa merasakan kegelisahan warga Jatigede.

Rupanya warga Jatigede tak hanya kehilangan rumah, masih ada tersisa masalah hukum, di mana sebagian kecil warga ada yang belum selesai masalah ganti ruginya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News