Warga Lebak Kesulitan Pasarkan Ternaknya

Warga Lebak Kesulitan Pasarkan Ternaknya
Warga Lebak Kesulitan Pasarkan Ternaknya
RANGKASBITUNG – Peternakan rakyat di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten cukup besar. Namun, potensi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) ini tidak tergali. Pemkab belum membangun pasar hewan sehingga jual beli hewan ternak masih sulit dilakukan.

Dituturkan Aang, warga Kecamatan Rangkasbitung, potensi peternakan cukup besar lantaran mayoritas masyarakat Kabupaten Lebak tak hanya petani. Masyarakat juga menjadi peternak kambing, domba, sapi, dan kerbau. Namun, pemasaran hewan ternak masih sulit dilakukan lantaran belum ada pasar hewan.

“Mengapa hingga saat ini pasar hewan belum juga dibangun. Padahal, potensinya cukup besar lantaran selain berprofesi sebagai petani, sebagian besar warga Lebak juga beternak,” ujarnya, Sabtu (7/1).

Dia mengatakan, untuk mendapatkan hewan ternak, masyarakat masih bergantung pada tengkulak yang ada di pintu perlintasan kereta api Rangkasbitung. Pasar hewan di pintu perlintasan KA itu sudah berlangsung lama meskipun sebenarnya tidak layak sebagai tempat transaksi jual beli hewan ternak. "Tentunya, dengan adanya pasar ternak hewan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata Aang.

RANGKASBITUNG – Peternakan rakyat di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten cukup besar. Namun, potensi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News