Warga Lima Desa Diberi Rumah Seharga Rp30 Juta

Warga Lima Desa Diberi Rumah Seharga Rp30 Juta
Warga Lima Desa Diberi Rumah Seharga Rp30 Juta

jpnn.com - JAKARTA - Pembangunan rumah untuk relokasi ini korban erupsi Gunung Sinabung, Karo, Sumut, merupakan program jangka menengah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) , yang ditargetkan kelar dalam dua tahun ke depan.

Pemkab Karo sebelumnya menyatakan sudah siap lahan 15 hektare dari kebutuhan 25 hektare untuk relokasi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, lima desa yang warganya akan direlokasi adalah Desa Bekerah, Simacem, Sukameriah, Sukanalu, dan Kuta Gunggung. Total ada 921 KK.

Mereka nantinya akan dibangunkan rumah di lahan baru, yakni rumah ukuran 36 meter persegi, dengan luas lahan masing-masing 150 m2. Rinciannya, 100 m2 untuk bangunan rumah, dan 50 m2 untuk fasilitas.

"Nantinya di sana juga dibangun sekolah, puskemas, ada juga balai desa. Rumah seharga Rp30 juta," kata Sutopo kepada JPNN, Senin (27/1).

Nah, mengenai lahan lima desa yang ditinggalkan, kata Sutopo, tetap akan dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Lahan ini nantinya tetap boleh digarap warga lima desa yang sudah direlokasi ke lahan baru.

"Kan bisa ke lahan pertanian dengan naik motor dan sebagainya. Jadi, lahan lama tetap bisa untuk lahan pertanian mereka," kata Sutopo. (sam/jpnn)

 


JAKARTA - Pembangunan rumah untuk relokasi ini korban erupsi Gunung Sinabung, Karo, Sumut, merupakan program jangka menengah Badan Nasional Penanggulangan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News