Warga Mendatangi Kantor Polisi dan Menyerahkan Ratusan Pucuk Senjata Api

Warga Mendatangi Kantor Polisi dan Menyerahkan Ratusan Pucuk Senjata Api
Kepala Polres Merangin, AKBP Andy Purnamawan saat menerima penyerahan senjata api rakitan dari warga suku Anak Dalam di kabupaten itu, Jumat (25/6/2021). ANTARA/HO/Humas Polres Merangin

jpnn.com, MERANGIN - Polres Merangin, Jambi menerima 107 pucuk senjata api (senpi) rakitan dari masyarakat di kabupaten itu dalam sebulan terakhir.

Menurut Kapolres Merangin AKBP Irwan Purnamawan, sebanyak 107 pucuk senpi rakitan itu terdiri dari 106 senapan rakitan yang dikenal dengan istilah kecepek, dan satu pistol rakitan.

Sebagian besar senpi rakitan itu diserahkan oleh warga Suku Anak Dalam (SAD) di Kabupaten Merangin.

"Kepolisian juga memberikan ucapan terima kasih kepada para kepala desa dan suku Anak Dalam di Kabupaten Merangin yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini," kata AKBP Purnamawan.

Dia menjelaskan selain dari warga SAD atau orang rimba, penyerahan secara sukarela juga dilakukan oleh masyarakat lainnya dengan mendatangi kantor polisi terdekat.

Ratusan warga tersebut memberanikan diri menyerahkan senpi rakitan milik mereka setelah ada imbauan dari polisi dalam rangka mengantisipasi aksi premanisme maupun penggunaan senpi secara ilegal.

"Kami berharap masyarakat dapat mengerti tentang bahaya memiliki senjata api, hal itu untuk mengantisipasi premanisme di wilayah hukum Polres Merangin serta dapat bekerja sama dengan masyarakat dalam menjaga Harkamtibmas," ucapnya.

Ratusan senpi rakitan itu diterima oleh Sat Reskrim Polres Merangin sebanyak 93 kecepek laras panjang, Sat Intelkam (2), Polsek Bangko (3), Polsek Pamenang (3), Polsek Sungai Manau (1), Polsek Tabir (2), Polsek Tabir Selatan (2), dan Polsek Tabir Ulu (1 kecepek laras pendek).

Jajaran Polres Merangin menerima sebanyak 107 pucuk senjata api rakitan dari masyarakat di daerah itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News