Warga Mojokerto Merasakan Guncangan Gempa Magnitudo 4,6

Warga Mojokerto Merasakan Guncangan Gempa Magnitudo 4,6
Gempa bumi magnitudo 4.4 guncang wilayah Mojokerto. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, MOJOKERTO - Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur diguncang gempa bumi dengan magnitudo 4,6, Senin pukul 20.44 WIB.

BMKG lewat lamannya menyebutkan gempa terjadi pada episenter 7.49 LS dan 112.54 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 kilometer timur Laut Kabupaten Mojokerto pada kedalaman 9 kilometer.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan Mojokerto III - IV MMI, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Warga juga diminta agar memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Rudi Hartono, warga Mojokerto mengatakan jika gempa tersebut terasa sekitar 1 sampai dua menit.

Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur diguncang gempa bumi dengan magnitudo 4,6, Senin pukul 20.44 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News