Warga Victoria Diminta Mewaspadai Orang yang Baru Mengunjungi Indonesia

Warga Victoria Diminta Mewaspadai Orang yang Baru Mengunjungi Indonesia
Mereka yang datang dari Indonesia ke Victoria diminta memeriksakan kesehatan bila mengalami masalah pernapasan akut. (AP: Mark Schiefelbein)

Pemerintah negara bagian Victoria mengeluarkan peringatan untuk berhati-hati terhadap mereka yang baru datang dari beberapa negara, termasuk Indonesia, meski hingga saat ini belum kasus corona di Indonesia.

Peringatan kesehatan dikeluarkan oleh VicHealth, atau Departemen Kesehatan Victoria, akhir pekan lalu (15/2/2020).

Dalam peringatan disebutkan mereka yang baru datang dari Indonesia, Hong Kong, Jepang, Singapura dan Thailand bisa dikenai pengetesan klinis, bila mereka baru tiba selama 14 hari terakhir.

Sebelumnya, sejumlah pakar dan organisasi kesehatan di dunia telah meragukan tidak adanya kasus corona di Indonesia.

Ada beberapa alasan mengapa Indonesia mengatakan "masih negatif corona", salah satunya adalah tidak ada tes klinis bagi mereka yang tak menunjukkan gejala, meski mereka memiliki resiko tinggi tertular.

"Karena tingginya angka perjalanan dan juga perubahan epidemiologi virus corona (COVID-19), para dokter disarankan untuk melakukan tes, termasuk virus corona, bagi mereka yang pernah melakukan perjalanan di Hong Kong, Indonesia, Jepang, Singapura dan Thailand dalam masa 14 hari sebelum adanya gejala tertentu," pernyataan VicHealth menyebutkan.

Warga Victoria Diminta Mewaspadai Orang yang Baru Mengunjungi Indonesia Photo: Suasana di bandara dengan sejumlah penumpang pesawat menggunakan masker. (AAP: Steven Saphore)

 

Oleh karena itu, mereka yang sudah melakukan perjalanan ke negara-negara tersebut dalam 14 hari terakhir, kemudian menunjukkan gejala gangguan pernapasan akut, seperti sesak napas atau batuk, diminta untuk ke dokter.

Pemerintah negara bagian Victoria mengeluarkan peringatan untuk berhati-hati terhadap mereka yang baru datang dari beberapa negara, termasuk Indonesia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News