Waspada, 10 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membahayakan Kesehatan Ginjal

Waspada, 10 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membahayakan Kesehatan Ginjal
Ilustrasi garam. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - GINJAL merupakan salah satu organ penting tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya.

Ginjal Anda bekerja sepanjang waktu dan melakukan fungsi-fungsi penting seperti membuang sisa metabolisme, asam, dan cairan ekstra dari tubuh serta menjaga keseimbangan air, garam, dan mineral yang sehat di dalam darah.

Penting untuk fokus pada kesehatan ginjal Anda, karena jika organ penting ini rusak seseorang perlu menjalani dialisis permanen untuk mengeluarkan racun dan limbah dari tubuh secara artifisial.

Mengikuti gaya hidup tidak sehat bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal secara signifikan.

Penting untuk berolahraga secara teratur, makan sehat, hindari merokok dan minum, obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas dan minum air dalam jumlah yang diperlukan untuk menjaga ginjal Anda dalam kondisi yang baik.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Hindustantimes.com.

1. Terlalu sering menggunakan obat bebas

Kebiasaan buruk terlalu sering menggunakan obat pereda nyeri yang dijual bebas (OTC) dan suplemen kesehatan pembentuk tubuh mungkin sering menjadi penyebab cedera ginjal.

Jika Anda menggunakannya secara teratur untuk nyeri kronis, sakit kepala, atau radang sendi, kamu disarankan untuk segera menghentikannya.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa membahayakan kesehatan ginjal Anda dan salah satunya tentu saja kurang tidur dan merokok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News