Rabu, 26 September 2018 – 15:57 WIB

Waspada, 5 Gangguan Kesehatan Ini Bisa Pengaruhi Kepribadian

Minggu, 09 September 2018 – 08:14 WIB
Waspada, 5 Gangguan Kesehatan Ini Bisa Pengaruhi Kepribadian - JPNN.COM

jpnn.com - Setiap orang memiliki kepribadiannya masing-masing. Selain memang bawaan lahir, kepribadian dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal, seperti lingkungan keluarga, sekolah, tempat bekerja, dan sebagainya. Lantas, bisakah kepribadian dipengaruhi oleh penyakit yang tengah diderita?

Jawabannya, ya, bisa. Pasalnya, cukup banyak penyakit yang mampu mengubah kepribadian orang. Biasanya, kondisi dan jenis penyakit parah cenderung mengakibatkan perubahan negatif pada sikap dan kepribadian penderitanya.

Berikut ini berbagai jenis penyakit yang ternyata secara medis bisa memengaruhi kepribadian penderitanya:

1. Alzheimer

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, Alzheimer adalah gejala matinya sel-sel saraf otak (apoptosis) yang terjadi secara bersamaan, sehingga otak mengerut dan mengecil. Bila ada sesuatu hal yang mengganggu organ penting Anda, terutama otak, maka kemampuan Anda juga akan berubah.

Alzheimer ini sebenarnya dapat dicegah sejak dini sebelum Anda menua dengan cara mengurangi kebiasaan begadang, rutin melakukan olahraga otak, selalu makan makanan sehat, dan rajin beraktivitas fisik. Jika sudah telanjur terkena Alzheimer, kepribadian Anda akan berubah menjadi:

- Kikuk, karena  sering merasa bingung dan tidak tahu harus berbuat apa.
- Mudah cemas dan stres karena kehilangan kemampuan untuk memahami situasi.
- Suka memerintah dan menuntut karena hilangnya kemampuan berpikir untuk bersikap bijaksana.

2. Parkinson

SHARES
TAGS   kesehatan
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar