Waspada! Ada Malware Baru yang Bisa Ambil Alih HP Android Kamu

Waspada! Ada Malware Baru yang Bisa Ambil Alih HP Android Kamu
ilustrasi sistem operasi android. Foto: Dedi Sofian/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Tim keamanan siber dari Lookout Threat Labs menemukan malware atau virus yang menginfeksi handphone (HP) dengan sistem operasi Android.

Dia mengatakan, malware itu merupakan jenis baru yang memiliki kemampuan untuk mendapatkan akses root smartphone.

Dikutip dari Thehackernews, Minggu (31/10), setelah mendapatkan akses root, pelaku bisa mengambil alih kendali dan fungsi di HP yang sudah terinfeksi malware tersebut.

Parahnya lagi, malware bernama AbstrectEmu itu memiliki kemampuan untuk menyembunyikan kode berbahaya.

Karena itu, aplikasi tersebut bisa lolos dari sistem keamanan pengecekan malware di toko aplikasi Google Play Store.

"Meskipun jarang, rooting malware sangat berbahaya. Pelaku bisa secara diam-diam memberikan izin berbahaya kepada diri mereka sendiri atau menginstal malware tambahan," kata peneliti Lookout.

"Hak istimewa yang lebih tinggi juga memberi malware akses ke data sensitif aplikasi lain, sesuatu yang tidak mungkin dilakukan dalam keadaan normal," sambungnya.

Dia mengatakan telah menemukan total 19 aplikasi Android yang menyamar sebagai aplikasi utilitas dan sistem tool, seperti pengelola password, launcher, dan aplikasi data savings.

Tim keamanan siber dari Lookout Threat Labs menemukan malware atau virus baru yang bisa mengambil handphone (HP) dengan sistem operasi Android. Hati-hati! 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News