Waspada Cuaca Ekstrem di Riau 16-21 April 2024, Berpotensi Terjadi Bencana

Waspada Cuaca Ekstrem di Riau 16-21 April 2024, Berpotensi Terjadi Bencana
Waspada cuaca di Riau hari ini. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru memprediksi potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Provinsi Riau pada tanggal 16-21 April 2024.

Kepala Stasiun BMKG Meteorologi Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Irwansyah Nasution mengatakan cuaca ekstrem ini dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi.

“Bencana yang dapat terjadi seperti hujan lebat, banjir, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, dan hujan es,” jelas Irwansyah.

Wilayah yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem di antaranya Kota Dumai, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Kabupaten Indragiri Hilir.

Kondisi suhu muka laut di perairan Riau yang masih hangat, pola belokan angin, dan gangguan atmosfer gelombang Kelvin di wilayah Riau.

“Faktor utama yang dapat memicu pembentukan awan-awan konvektif yang masif dan berpotensi menghasilkan cuaca ekstrem,” ungkap Irwansyah.

BMKG Pekanbaru mengimbau masyarakat dan instansi terkait untuk selalu waspada terhadap peningkatan kecepatan angin dan potensi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan.

“Masyarakat diimbau untuk mengantisipasi dampak yang dapat ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang,” ucapnya.

BMKG Pekanbaru memprediksi potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Provinsi Riau pada tanggal 16-21 April 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News