Waspada Gelombang hingga 4 Meter, BPBD Banten Minta Wisatawan Jangan Lakukan Ini

Waspada Gelombang hingga 4 Meter, BPBD Banten Minta Wisatawan Jangan Lakukan Ini
BPBD Banten menyatakan ada potensi gelombang tinggi mencapai 2,5 hingga 4.0 meter di perairan Lebak, Banten. Ilustrasi: antara/Adeng Bustomi/pras

jpnn.com, LEBAK - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten menyatakan ada potensi gelombang tinggi mencapai 2,5 hingga 4.0 meter di perairan Lebak, Banten.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Provinsi Banten Sumardi di Lebak mengimbau wisatawan untuk tidak berenang di kawasan pesisir pantai selatan Lebak.

"Kami memperkirakan gelombang tinggi itu bisa menimbulkan kecelakaan laut," kata Sumardi, di Lebak Rabu (26/5).

Dia menyebutkan berdasarkan laporan dari BMKG Banten selama beberapa hari ke depan cuaca di pesisir pantai selatan memburuk dengan ketinggian gelombang berpeluang mencapai 2,5 hingga 4.0 meter. Bahkan, kecepatan angin 15 knot atau 30 kilometer per jam.

Tiupan angin bergerak dari tenggara dengan jarak pandang antara empat sampai enam kilometer. Kondisi itu sangat berbahaya jika berenang di sekitar pantai selatan.

"Kami minta wisatawan dapat mematuhi peringatan dan imbauan ini guna mencegah kecelakaan laut," ujarnya.

Sumardi mengatakan cuaca buruk melanda pesisir selatan, mulai Pantai Binuangeun, Bagedur, Sukahujan, Panggarangan, Bayah, Pulau Manuk, dan Sawarna.

Oleh karena itu, BPBD Banten menyampaikan surat peringatan cuaca buruk pada Polsek, Kesyahbandaran, TPI, petugas pengamanan pantai, pemilik hotel, dan nelayan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten menyatakan ada potensi gelombang tinggi mencapai 2,5 hingga 4.0 meter di perairan Lebak, Banten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News