Waspada jika Anak Tampak Pucat dan Gampang Lelah!

Waspada jika Anak Tampak Pucat dan Gampang Lelah!
Ilustrasi anak sakit (Pexel)

jpnn.com, JAKARTA - Orang tua harus mewaspadai jika menemukan tiga gejala tidak baik pada anak.

Yakni, wajah tampak pucat, muda lelah dan aktivitas berkurang.

Ketiga gejala tersebut tanda-tanda dari penyakit thalassemia.

“Tanda awal gejala yang terlihat itu anak- anak mengalami pucat, lalu dia merasa mudah lelah dan aktivitasnya berkurang."

"Itu harus diperhatikan, dengan gejala awal itu segera bawa anak ke fasilitas kesehatan pertama dulu yaitu puskesmas untuk melihat kondisinya lebih dalam,” kata dr Bambang Sudarmanto Sp.A(K), MARS dari RSUP Kariadi Semarang.

Ketika dirujuk, maka puskesmas akan mengambil sampel hemoglobin (HB) hingga mengukur volume dari sel darah merah yang dimiliki anak.

Jika jumlah hemoglobin kurang, atau jika volume sel darah merahnya berbeda dari orang normal, maka kemungkinan besar anak akan mendapatkan rujukan lebih lanjut ke rumah sakit atau spesialis Onkologi- Hematologi.

“Dalam pemeriksaan lanjutan yang dilakukan oleh dokter, tanda yang sudah pasti bahwa anak mengalami thalassemia adalah bentuk gambar dari sel darah merah mengalami pecah-pecah yang artinya terjadi hemolisis atau kerusakan pada sel darah merah,” kata Bambang.

Waspada jika wajah anak anda tampak pucat, gampang lelah dan aktivitasnya berkurang. Bisa jadi menderita penyakit yang mengharuskannya transfusi darah.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News