Waspada! Jumlah Kasus DBD di Daerah Ini Bertambah

Waspada! Jumlah Kasus DBD di Daerah Ini Bertambah
DBD. ILUSTRASI. Foto: Manado Post/JPNN.com

jpnn.com, MANADO - Jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Kepulauan Sitaro, mengalami peningkatan. Pasalnya dari data yang ada, kini jumlah penderita DBD mencapai 15 orang.

Hal ini diungkapkan Kadis Kesehatan Ria M Papalapu mengatakan hingga pertengahan Januari ada 13 pasien tercatat positif menderita DBD.

"Namun pada akhir bulan, ternyata ketambahan dua orang. Sehingga diakumulasikan secara keseluruhan dari November tahun lalu ada 15 orang teridentifikasi positif DBD," kata Ria seperti dilansir Manado Post (Jawa Pos Group).

Ia menambahkan 15 orang tersebut sudah termasuk satu pasien anak-anak di Pulau Tagulandang, tepatnya di Kampung Kisihang yang telah meninggal.

“Melihat kondisi seperti ini, tentu peran aktif masyarakat, menjadi hal sangat penting. Karena percuma kita melakukan upaya pencegahan namun masyarakat tidak. Seperti penerapan 3M plus dan menjaga kebersihan lingkungan," ungkap Papalapu.

Dia melanjutkan, sebagaimana ngototnya pemerintah melakukan sosialisasi dalam upaya pencegahan, kembali lagi ke masyarakat untuk bertindak.

“Tentu kami sudah menyosialisasikan agar tiap keluarga memiliki seorang jumantik untuk memantau keberadaan jentik-jentik nyamuk di lingkungan keluarga. Selain itu, rutin tiap pekan melakukan bersih-bersih lingkungan, bersihkan semua bak-bak penampung sekaligus membuang wadah yang dapat menampung air. Karena musim hujan seperti sekarang, perkembangan nyamuk penyebar wabah DBD sangat cepat," jelasnya.

Terkait layanan di Rumah Sakit Lapangan Sawang khusus di ruangan anak-anak Papalapu mengatakan, telah diingatkan agar menjaga kebersihan lingkungan rumah sakit.

Jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Kepulauan Sitaro, mengalami peningkatan. Pasalnya dari data yang ada, kini jumlah penderita DBD mencapai 15 orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News