Jumat, 15 Desember 2017 – 03:58 WIB

Waspada! Kanker Payudara Bisa Muncul Lagi

Selasa, 05 Desember 2017 – 21:07 WIB
Waspada! Kanker Payudara Bisa Muncul Lagi - JPNN.COM

Kanker payudara. Foto: AMDC

jpnn.com - KANKER payudara bisa kembali lagi menyerang seseorang yang telah terbebas dari penyakit tersebut bahkan 20 tahun kemudian.

Itu tidak akan terjadi jika pasien tetap minum obat untuk menekan kekambuhan kanker.

Peneliti menemukan bukti bahwa setidaknya ada beberapa korban kanker payudara mungkin bisa berhenti mengonsumsi pil yang mengurangi risiko tumor payudara kembali.

Namun, juga ditemukan wanita dengan kanker berisiko rendah memiliki tingkat kekambuhan yang kecil 15 dan 20 tahun kemudian.

Ini berarti wanita dengan tipe kanker payudara yang paling umum yang disebut kanker payudara positif estrogen atau positif hormon estrogen, perlu memikirkan dengan hati-hati apakah mereka ingin berhenti minum pil tersebut bahkan jika hal itu menyebabkan efek samping.

"Kanker payudara ini memiliki risiko besar kambuh bahkan setelah lima tahun menjalani terapi," kata Dr. Harold Burstein dari Dana Farber Cancer Institute, seperti dilansir laman NBC, Senin (4/12).

"Banyak pasien berpikir. 'OK, saya berhasil sampai lima tahun. Saya tahu saya aman," kata Dr. Jennifer Litton, seorang onkologi di MD Anderson Cancer Center.

"Tapi untuk kanker payudara positif estrogen-reseptor, ini adalah risiko seumur hidup yang terus berlanjut," tambah Litton.

SHARES
TAGS   kanker payudara
loading...
loading...
Komentar