Jumat, 17 Agustus 2018 – 16:47 WIB

Waspada Kontaminasi Listeria, Produk Sayuran Beku Ini Ditarik

Rabu, 01 Agustus 2018 – 16:00 WIB
Waspada Kontaminasi Listeria, Produk Sayuran Beku Ini Ditarik - JPNN.COM

Otoritas keamanan pangan Australia kembali menarik dari peredaran produk sayuran beku di tiga negara bagian menyusul terjadinya kekhawatiran kontaminasi bakteri listeria yang berpotensi mematikan.

Apakah Listeria itu:

  • Listeria dalah infeksi bateri yang serius dan terkadang mematikan
  • Gejala infeksi bakteri Listeria bisa meliputi demam, sakit kepala, kejang, nyeri, mual dan diare
  • Bakteri Listeria dapat mematikan bagi anak yang baru lahir, lansia dan orang dengan sistem imun tubuh yang lemah

Konsumen di NSW, Victoria dan Tasmania didesak untuk membuang paket sayuran beku merk Black&Gold 1 kilogram, terlepas dari tanggal kadaluarsa yang tertera di kemasannya.

Otoritas Pangan NSW mengatakan siapa pun yang khawatir dengan kesehatan mereka harus mencari pertolongan medis.

"Konsumen tidak boleh mengkonsumsi produk ini dan harus mengembalikannya ke tempat pembelian untuk mendapatkan pengembalian dana penuh," katanya.

Produk sayuran beku ini dijual di IGA, Campbells dan Independent Grocers.

Listeria dapat sangat berbahaya bagi wanita hamil dan bayi yang belum lahir, begitu juga dengan orang tua dan siapa pun yang memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Peringatan itu dirilis beberapa minggu setelah dilakukan juga penarikan ulang produk pangan akibat kekhawatiran bahaya kontaminasi listeria terkait produk sayuran beku populer yang dijual di Aldi, Woolworths dan toko IGA, beberapa di antaranya diimpor dari Eropa.

Badan induk petani sayuran Australia, AUSVEG, mengatakan bahwa penarikan ini tidak melibatkan produk yang ditanam secara lokal.

Ada juga kekhawatiran utama tentang wabah listeria terkait dengan buah melon yang diproduksi di sebuah peternakan NSW di Nericon, dekat Griffith.

Kontaminasi bakteri Listeria, yang berhasil diidentifikasi pada bulan Februari lalu itu telah menewaskan enam warga di NSW dan Victoria.

Kontaminasi ini juga mengakibatkan penjualan buah melon Australia anjlok hingga 90 persen pada satu titik.

Rombola Family Farms, pertanian yang menjadi sumber wabah Listeria, pada bulan April lalu menegaskan telah mendapat persetujuan untuk memulai kembali produksi mereka setelah memenuhi semua persyaratan program izin dari Otoritas Makanan Australia.

Pemerintah NSW membantah pernyataan perusahaan tersebut bahwa tidak ada sumber khusus atas wabah Listeria yang terkait dengan Rombola atau fasilitas pencucian, penyimpanan atau pengemasan melon di pertanian mereka.

Sekertaris ahli makanan nasional Serikat Pekerja Australia, Jason Hefford, sebelumnya mengatakan wabah Listeria yang terjadi di bulan Juli lalu menyoroti bahaya impor sayuran beku.

Wabah lain yang terkait dengan buah beri beku juga pernah terjadi sebelumnya, termasuk ketakutan terhadap hepatitis A pada tahun 2017.

Wabah listeria pada Juli lalu terjadi disaat yang bersamaan pemerintah mewajibkan pelabelan negara asli.

"Kenyataannya adalah tidak ada negara di dunia yang memiliki standar makanan lebih aman atau lebih bersih daripada Australia - bahkan Eropa," kata Hefford.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

 
SHARES
Komentar